RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 3
Kendari
Mata Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas :
XI
Semester : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. STANDAR
KOMPETENSI
Mendengarkan
:
1. Memahami
berbagai informasi dari sambutan/ khotbah dan wawancara
B. KOMPETENSI
DASAR
1.2 Merangkumkan
isi pembicaraan dalam wawancara
C. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk
· Menentukan
unsur 5W + 1H
· Menentukan
pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara
· Merangkum
seluruh isi pembelajaran dalam beberapa kalimat
b. Proses
· Menemukan
unsur 5W + 1H
· Menemukan
pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara
2. Psikomotor
· Menyampaikan
(secara lisan) isi rangkuman kepada oarng lain
3. Afektif
a. Karakter
·
Tekun
·
Kreatif
·
Kritis
·
Disiplin
b. Keterampilan
sosial
· Bertanya
dengan bahasa yang baik dan benar
· Menyumbang
ide
· Membantu
teman yang mengalami kesulitan
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
a. Produk
1. Secara
mandiri siswa dapat menentukan unsur 5W + 1H dan pokok-pokok pembicaraan dalam
wawancara, dengan mengerjakan LKS 1 : produk
2. Secara
mandiri siswa dapat merangkum isi pembicaran ke dalam beberapa kalimat. LKS 1 :
produk
b.
Proses
Sebelum
menentukan hasil pencapaian tujuan produk di atas, siswa secara mandiri
diharapkan dapat
1. Menentukan
unsur 5W+ 1H
2. Menemukan
pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara (LKS 1 : produk)
Psikomotor
Setelah
menentukan dan memahami hasil pencapaian tujuan produk di atas, siswa secara
mandiri diharapkan dapat
·
Menyampaikan (secara
lisan) isi rangkuman kepada orang lain
Afektif
a. Karakter
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam
berperilaku yang meliputi sikap :
·
Tekun
·
Kreatif
·
Kritis
·
Disiplin
b. Keterampilan
sosial
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan kecakapan
sosial yang meliputi :
· Bertanya
dengan bahasa yang baik dan benar
· Menyumbang
ide
· Membantu
teman yang mengalami kesulitan
E. MATERI
PEMBELAJARAN
· Pengertian
wawancara
· Isi
pokok wawancara
· Cara
merangkum hasil wawancara
F. MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : pemodelan
Model pembelajaran : tanya jawab, penugasan, dan ujung kerja
G. MEDIA
DAN BAHAN
Teks wawancara,Lembar
kerja siswa,Spidol dan kertas HVS
H. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
A
|
Kegiatan Awal
1. Memotivasi
siswa
2. Apersepsi
dengan menggali pengalaman siswa tentang hal wawancara dan pengertian
wawancara
3. Menjelaskan
kompetensi dan indikator yang akan dicapai
4. Mengemukakan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanaan
|
B.
|
Kegiatan Inti
Tahap 1
5. Siswa
duduk dalam kelompok-kelompok kecil/ mandiri yang terdiri atas perorang atau
beberapa orang anggota
6. Siswa
membaca teks wawancara yang disiapkan,guru membagikan LKS dan memberikan satu
bentuk teks wawancara yang kemudian menyuruh siswa membacanya secara
berpasangan sementara teman yang lain mencatat pokok-pokok isi wawancara itu.
Setelah itu, guru menunjuk siswa secara acak untuk menyampaikan secara
singkat isi wawancara.
Tahap 2
7. Siswa
menyimpulkan teks wawancara yang sudah dikerjakan dalam bentuk kelompok
8. Siswa
menunjukan apresiasi terhadap hasil unjuk kerja teman kelompok lain.
|
C.
|
Kegiatan Akhir
9. Siswa
bersama guru merumuskan kesimpulan umum atas semua butir pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
10. Siswa
diminta menyampaikan kesan dan saran (jika ada) terhadap proses pembelajaran
yang baru selesai mereka ikuti.
|
I. SUMBER
PEMBELAJARAN
1. Buku
teks
2. Bahan
ajar
3. Silabus
4. Naskah
wawancara
J. PENILAIAN
Indikator
|
Indikator Soal
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1.
Mampu mencatat pokok-pokok pembicaraan
dalam wawancara (5W+ 1H)
|
Disajikan naskah wawancara,
sswa menentukan semua unsur5W+ 1H
|
Teks penugasan
|
-
Uraian bebes
-
Jawaban singkat
-
Lembar pengamatan
|
Setelah membaca naskah, siswa
dapat menemukan unsur 5W+ 1H
|
2.
Mampu menentukan pokok-pokok isi
wawancara
|
Disajkan naskah wawancara,
siswa dapat menentukan semua pokok-pokok isi wawancara
|
|
|
Berdasarkan naskah wawancara
yang telah disediakan, siswa dapat menentukan pokok-pokok wawancara.
|
3.
Mampu merangkum isi wawancara ke dalam
beberapa kalimat
|
Disajikan naskah wawancara,
siswa dapat merangkum semua pokok-pokok isi wawancara ke dalam beberapa
kalimat
|
|
|
Merangkum isi wawancara ke
dalam beberapa kalimat
|
4.
Mampu menyampaikan (secara lisan)
ringkasan isi wawancara ke dalam beberapa kalimat
|
|
|
|
Menyampaikan
secara lisan ringkasan isi wawancara ke dalam beberapa kalimat
|
BAHAN AJAR
A.
Pengertian wawancara
Wawancara adalah
tanya jawab dengan seorang narasumber (penjabat dan tokoh masyarakat) yang
diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal yang
dianggap penting yang layak dketahui oleh masyarakat umum.
Tipe
perilaku menyimak wawancara
1. Menyimak
Faktual
Menyimak fatual adalah
berarti menangkap serta memahami fakta-fakta, konsep-konsep dan informasi yang
disampaikan narasumber. Kegiatan yang dilakukan saat menyimak faktual adalah :
a. Memutuskan
perhatian pada pesan-pesan orang lain
b. Berusaha
mendapatkan fakta-fakta
2. Menyimak
Empatik
Menyimak empatik adalah
proses memahamik sikap psikologis dan emosional narasumber. Menyimak empatik
ini dapat disebut juga menyimak aktif atau menyimak pemahaman. Kegiatan yang
dilakukan saat menyimak empatik adalah :
a. Memperhatikan
isyarat-isyarat nonverbal (gerak-gerk anggota tubuh)
b. Menempatkan
diri pada posisi orang lain yang membutuhkan informasi tersebut
c. Memutuskan
perhatian pada pesan, bukan pada penampilan
Cara merangkum isi
wawancara
- dengarkan dengan seksama seluruh isi wawancara
- Catat hal-hal yang penting di dalam wawancara tersebut
- Rangkai hal-hal tersebut sehingga menjadi sebuah paragraf
- dengarkan dengan seksama seluruh isi wawancara
- Catat hal-hal yang penting di dalam wawancara tersebut
- Rangkai hal-hal tersebut sehingga menjadi sebuah paragraf
Teknik-Teknik Wawancara
-
Menyiapkan
daftar pertanyaan yang telah disusun sebelumnya
-
Memulai
wawancara dengan pertanyaan-pertanyaan yang ringan
-
Mengajukan
pertanyaan inti
-
Mengajukan
pertanyaan tambahan berdasarkan perkembangan wawancara
-
Melakukan
pencatatan dan pelaporan hasl wawancara
Nama : Nim: Tanggal:
LKS 1 = Kognitif : produk
1.
Jelaskan pengertian wawancara
|
Skor : .....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar