selamat malam

Rabu, 06 Juni 2012

RPP KLS VIII

Satuan pendidikan         : SMP
Mata pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas                                : VIII
Semester                          : 2
Alokasi Waktu                : 2 X 40 menit

A.    Standar Kompetensi
Mendengarkan
13 Memahami unsur intrinsik  novel remaja (asli atau terjemahan) yang di bacakan

B.    Kompetensi Dasar
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemah yang dibacakan)

C.    Indikator :

1.    Kognitif
a.    Produk
•    Menjelaskan konsep tentang karakter dan tokoh
b.    Proses
•    Mendata tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel.
2.    Psikomotor
•    Mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
3.    Afektif
a.    Karakter
•    tanggung jawab
•    tekun
•    cermat
•    apresiatif
b.    Keterampilan sosial
•    Menenukan unsur alur, pelaku, dan latar dalam novel yang dibaca
•    Memiliki rasa empati terhadap orang lain
•    Mudah memahami keadaan orang lain di sekitarnya,
•    Apreatif terhadap karya seni atau kreativitas orang lain

D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a.    Produk
1.    Secara mandiri siswa dapat menjelaskan konsep tentang karakter dan tokoh, dengan mengerjakan LKS 1 : produk
2.    Secara mandiri siswa dapat mendata tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel
b.    Proses
1.    Menentukan tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel
2.    Mendata tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel
c.    Psikomotor
Mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
Afektif
a.    Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti tanggung jawab,tekun,cermat dan apresiatif.
b.    Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan dalam menentukan karakter tokoh dalam novel

E.    MATERI PEMBELAJARAN

1.    Jenis-jenis tokoh cerita dan karakter tokoh
a.    Jenis tokoh     :  1.Tokoh utama
                              2.Tokoh Sampingan
b. Karakter tokoh     :  1. Antagonis = jahat, jelek
        2. Protagonis = Baik
               3. Tritagonis = penengah
   F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Model pembelajaran     :pemodelan
Model pembelajaran     : Tanya jawab dan Inquiri

G.    MEDIA / ALAT BAHAN
Lembar kerja siswa ,kertas HVS dan spidol
Buku novel remaja

H.    LANGKAH-LNGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No    Kegiatan
A.     Kegiatan Awal
1.      Memotivasi siswa
2.      Apersepsi dengan menggali pengalaman siswa tentang Karakter dan tokoh
3.      Menjelaskan kompetensi dan indikator yang akan di capai
         Mengemukakan lanagkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B.    Kegiatan Inti

Tahap 1
1.    Siswa membaca buku novel yang telah di sediakan
2.    Siswa mendata tokoh-tokoh yang terdapat dalam novel (tokoh utama,tokoh sampingan)

Tahap 2
3.    Siswa membahas tugas yang diberikan
4.    Siswa menuliskan watak/karakter dari masing-masing tokoh dan disertai bukti pendukungnya
5.    Dalam kelompok siswa menyampaikan hasil pekerjaannya untuk dikomentari teman kelompoknya
6.    Siswa menyempurnakan hasil pekerjaannya berdasarkan masukan anggota kelompok

C.    Kegiatan akhir

1.    Siswa dan Guru melakukan refleksi dengan menanyakan kesulitan siswa dalam menemukan tokoh dan novel
2.    Siswa menyimpulkan pelajaran 

I.     SUMBER PEMBELAJARAN
1.Buku kreatif berbahasa dab bersastra indonesia kelas VIII/2. Hal. 135-137
2. Buku novel remaja

J.    PENILAIAN

Indikator    Indikator soal    Teknik     Bentuk     Instrumen
1.     Mampu mendata tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel
       Disajikan cuplikan novel, siswa mendata tokoh utama dan sampingan    Teks tulis
       Uraian

     •    Tulislah tokoh utama dan tokoh pendampingan yang terdapat di dalam cuplikan novel yang         kamu dengarkan!

2.    Mampu mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis.     Disajikan cuplikan novel, siswa mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis.    Teks tulis    Uraian         Tulislah karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis dalam cuplikan novel yang kamu dengarkan!



                                                                         BAHAN AJAR
Mendeskripsikan Alur dan Penokohan Novel Remaja
             Alur sering berwujud konflik. Dari konflik-konflik kecil itulah akhirnya terbangun rangkaian novel secara utuh. Nah, sekarang kamu diajak untuk berlatih mendeskripsikan alur novel remaja. Setelah itu, kamu diminta untuk melanjutkan penggalan novel menurut versimu sendiri.
           Penokohan adalah gambaran watak atau sifat tokoh-tokoh dalam cerita. Secara umum, gambaran sifat para tokoh dalam cerita, misalnya ramah, malas, pemarah, dan sebagainya. 
Untuk mendukung kegiatan itu, aktivitas pembelajaran yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi mendeskripsikan alur novel remaja yang kamu baca adalah (1) menemukan konflik dalam novel, (2) melanjutkan penggalan novel yang disajikan menurut versi siswa, dan (3) mengerjakan latihan. Pada bagian akhir, kamu akan menjumpai kegiatan refleksi.Tokoh yang memilih karakter keras kepala, pencemburu,sabar atau darmawan tidak hanya ada dalam cerita indonesia. Cerita yang berasal dari negara lain pun memiliki kemiripan karakter. Dalam pembelajaran ini ,kamu akan belajar (1) cara menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan (2) cara menentukan karakter tokoh utama dalam novel terjemahan.
Seorang tokoh yang memiliki peran penting dalam satu cerita sisebut tokoh inti atau tokoh utama. Tokoh memiliki peranan kurang penting karena pemunculanya hanya melengkapi, melayani,dan medungkung pelaku utama disebut tokoh tambahan dan tokoh pembantu.Di lihat dari wataknya, tokoh dibedakan menjadi dua yakni, tokoh protagonis dan antagonis. Protagonis adalah pelaku yang memiliki watak baik dan disenangi pembaca, sedangkan antagonis adalah pelaku yang memiliki watak jelek dan tidak disenangi pembaca.
Bacalah penggalan cerpen berikut dengan seksama
Di Padang Belantara
Pak Luffy bukan pengemudi mobil yang baik.Berbahaya sekali apalagi ditikungan.Sudah beberapa kali Julian menoleh kebelakang dengan ngeri.Bukan apa-apa!Ia takut barang-barang yang ada di gerobak gandengan terpental keluar semuanya.Dilihat buntalan kantong tidur terpental di atas.Untung saja jatuh lagi kegerobak.Disentuhnya bahu Pak Luffy.”Bisakah agak pelan sedikit,Pak!Kalau tidak,gerobak gandengan akan kosong pada saat sampai nanti.Barang-barang kita terlempar ke mana-mana.”Astaga!Benar juga,aku lupa mobilku ini ada gandengannya,”kata Pak Luffy kaget.Ia langsung memperlambat laju mobil.”Ingatkan aku jika aku terlalu cepat lagi menjalankan mobil,ya!Terakhir kali aku membawa gandengan,ketika sampai barang-barang di situ tinggal setengahnya dan yang lainnya terlempar keluar.Jangan sampai kejadian begitu terulang kembali.”Tentu saja saja Julian tidak menginginkan hal itu terjadi.Diawasinya spidometer.Begitu tampak mobil berjalan agak terlalu cepat,ia menyentuh Pak Luffy untuk mengingatkan.
Pak Luffy bahagia sekali.Ia tidak begitu suka tahun ajaran karena rasanya merintangi kegemarannya menyelidiki alam kehidupan serangga.Ia paling senang jika liburan tiba!apa lagi sekarang,bepergian bersama empat remaja yang disenanginya.Berlibur di daerah padang belantara yang banyak di huni lebah,kumbang,kupu-kupu,serta serangga-serangga lain yang ingin ia kumpulkan.Ia akan sering mengajari anak-anak itu.Mereka pasti akan ngeri mengetahui rencananya itu.Tapi mereka tidak tahu Pak Luffy aneh tampangnya.Rambutnya gondrong dan sering berantakan.Alisnya tebal dan tidak terurus.Tapi matanya yang cokelat bersinar ramah.Hidungnya besar dan memberi kesan galak karena bulu hidungnya tumbuh lebat.Kumisnya juga tidak terawat,seperti ijuk.Dagunya bulat dengan lekuk ditengah-tengahnya.Anne paling terpesona melihat telinga Pak Luffy.Bentuknya lebar agak terlipat kedepan.Kalau sedang iseng,Pak Luffy bisa menggerak-gerekan telinga yang sebelah kanan tapi yang kiri tidak bisa!Padahal,Pak Luffy ingin sekali bisa menggerak-gerakan keduanya sekaligus.Pakaiannya selalu dipilih yang longgar,tapi enak dipakai.Anak-anak senang padanya.Orangnya aneh,lembut,kadang-kadang Pak Luffy bisa juga bersikap galak.Julian pun sering bercerita tentang kejadian yang dialami Tom Killin.Anak itu sering bertingkah sok jago disekolah.
Anne senang sekali ketika disuruh duduk disebelah Pak Luffy.Anne asyik mengobrol dengan orang tua itu,membicarakan bermacam-macam hal.Sedang remaja yang tiga lagi berdesak-desak duduk dibangku belakang,sementara Timmy berbaring dikaki mereka.Sebetulnya anjing itu lebih senang jika berbaring membujur dipangkuan George.Tapi,tidak diperbolehkan karena George tak mau kepanasan.Jadi,Tmmy harus puas mendapat tempat di lantai mobil.Tapi,ia masih berusaha duduk tegak sambil meletekkan kedua kaki depannya ke ambang jendela mobil dan menjulurkan ujung hidung keluar.Pukul setengah satu siang,mereka berhenti sebentar di tepi jalan untuk makan.Ternyata,Pak Luffy benar-benar membawa bekal roti untuk mereka semua.Mereka makan dengan nikmat sambil minum limun jahe.Untuk mencuci mulut,tersediah buah prem yang sudah ranum.Setelah itu,perjalanan dilanjutkan.Anne tertidur kekenyangan.Kepala tersandar kelengan Pak Luffy.Dick menguap lebar-lebar lalu ikut terlelap.George tidak merasa mengantuk,begitu pula Timmy.Julian sebenarnya sudah terasa berat kelopak matanya.Tapi,ia tak berani melepaskan perhatian dari spidometer.Pak Luffy tampaknya tambah nekat ngebut setelah perutnya kenyang.”Kita tidak berhenti lagi untuk minum teh,”kata Pak Luffy sekonyong-konyong.Suaranya berat dan lantang sehingga Dick kaget dan terbangun karenanya.”Kira-kira pukul setengah enam sore,kita akan sampai di tempat tujuan.Lihatlah itu dia padang belantaranya di kejauhan!Penuh dengan bunga berwarna ungu!”
Anak-anak memandang jauh ke depan.Cuma Anne saja yang tidak karena ia tetap tidur.Jauh di sisi kiri jalan terbentang padang yang luas,penuh dengan semak belukar khas daerah itu.Semak-semak itu bunganya berwarna biru keungu-unguan.Indah sekali kelihatannya!Mobil bergerak terus di jalan yang menanjak.Satu-dua rumah di lewati.Di kejauhan tampak tempat-tempat pertanian yang kecil di tengah lapangan dan dua biri-biri besar.Kedua binatang itu berdiri di tengah jalan!”Kalau ingin ngobrol,jangan di tengah jalan!”seru Pak Luffy pada kedua biri-biri itu.”Ayo minggir!Kami ingin lewat.”Mobil menanjak terus.Angin yang bertiup mulai terasa dingin.Di sekitar mereka hanya padang belantara saja yang kelihatan.Di mana-mana hanya semak belukar belaka.Di sana-sini ada parit-parit yang mengalirkan air di tepi jalan.”Air parit di sini bisa diminum tanpa dimasak dulu,”kata Pak Luffy.”Jernih dan sedingin es! Di tempat kita berkemah nanti juga ada satu.”      
Karya Enid Blyton
Dikutip dari: Membantu kereta api hantu



    
Nama :                    Nim:                Tanggal:
LKS 1 = Kognitif : produk
1.    Sebutkan beberapa hal dalam mendeskripsikan alur novel remaja yang di baca !




Skor : .....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar